Selasa, 05 Oktober 2010

artikel pendidikan

PEMBINAAN KEAMANAN PANGAN JAJANAN SEKOLAH ANAK KOTA TEBING TINGGI
pdk-tebingtinggi - online | Masalah yang menimpa peserta didik akibat mengkonsumsi pangan jajanan yang tidak memenuhi syarat dari segi kebersihan, kualitas dan keamanan pangan jajan baik yang tersedia pada kantin sekolah maupun yang dibeli dari penjualan jajanan di sekolah.

Untuk mengatasi masalah tersebut Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Kementrian Pendidikan Nasional mengadakan kegiatan Bintek Pembinaan Keamanan Pangan Jajanan Sekolah yang dilaksanakan mulai tanggal 10-11 Maret 2010 di Aula Hotel Malibou Kota Tebing Tinggi.

Dalam Laporannya Ketua Panitia Drs. J. Sitinjak menyampiakan Peserta kegiatan terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Pembina UKS, Guru Pengawas Kantin Sekolah, Pengelola Kantin dan Komite Sekolah, adapun sekolah yang mengikuti kegiatan sebanyak 5 sekolah yang dari 11 sekolah yang diseleksi/disurvei, 3 sekolah SD, 1 Sekolah SMP dan 1 Sekolah SMA dengan jumlah peserta seluruhnya sebanyak 30 orang.

Untuk mewujudukan Kantin Sehat, maka sebuah kantin harus memenuhi syarat-syarat diantaranya : Lokasi lingkungan yang jauh dari pencemaran, memiliki sumber air bersih, permukaan lantai mudah dibersihkan, dinding terang mudah dibersihkan.

Narasumber yang berasal dari Jakarta antara lain MQ. Wisnu Aji, SE, M.Ed (Kabag Tata Usaha Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Kemendiknas), Dra. Elly Farida (Pembantu Pimpinan), Rahmah Astuti S.Psi, M.Pd. (Peneliti), Drs. Bosar M. Pardede (Kasubdit SRTP), Dr. Nurheni Sri Palupi (Dosen IPB).

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Dinas Pendidikan Drs. Sariono, Kabid Dikdasmen Drs. J. Sitinjak, Kasi Dikmen Drs. Dating Pasaribu, Kasi Dikdas Drs. Sugiarto. Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Drs. Sariono, mengatakan salah satu tujuan kegiatan ini adalah Menuju Indonesia sehat yang dicanangkan Pemerintah. Di sekolah Kepala sekolah juga harus berperan untuk memantau jajanan yang ada disekolah, untuk pengelolah kantin sekolah juga disarankan memperhatikan bahan, kualitas dan harga yang sesuai dengan daya beli anak sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar